Cara Membuat Vlog Di HP Android Untuk Pemula [Tutorial Lengkap]

Cara Membuat Vlog Di HP Android Untuk Pemula [Tutorial Lengkap]

Cara membuat vlog lewat HP | Salah satu fakta yang tak bisa pungkiri pada anak zaman sekarang adalah, “Kemanapun mereka pergi bersama maupun sendiri, sejatinya selalu ada saja yang menemani.”

Apa itu? Smartphone. Iya, sudah bukan menjadi hal yang asing lagi, jika kita sering menjumpai orang-orang yang sibuk dengan ponselnya.

Ada yang bikin status di medsos, Instastory di Instagram, atau membuat vlog yang keren dan menarik lewat hp atau smartphone untuk kemudian di unggah ke akun YouTube.

Vlog (video blog) merupakan salah satu media yang hits bagi anak jaman sekarang. Istilahnya, cocok lah buat kids zaman now yang kekinian. Kenapa, karena sekarang membuat vlog tidak hanya bisa dilakukan dengan kamera DSLR saja. 

Melainkan dengan kamera hp/ponsel, itu sudah cukup untuk membuat vlog keren bagi yang masih pemula. Asal tahu tata cara membuat video yang baik dan benar serta paham tentang seluk-beluk editingnya.

Vlog juga tidak hanya digunakan untuk media berbagi ilmu saja. Melainkan content creator, yaitu orang yang membuat video blog di YouTube, bisa juga mendapatkan pundi-pundi dollar. Artinya mereka bisa menghasilkan uang lewat video yang dimonetisasi di YouTube. Menarik kan?

Sebelum kita lebih jauh membahas tentang vlog, ada baiknya kita ketahui apa arti dari kata vlog itu sendiri. Menurut data yang aku ambil dari Wikipedia, tentang pengertian vlog;

vlog lewat hp

Blog video atau log video, biasanya disingkat menjadi vlog / vlɒɡ /, yaitu bentuk blog yang mediumnya adalah video, dan merupakan bentuk televisi web. Entri Vlog sering menggabungkan video yang disematkan (atau tautan video) dengan teks pendukung, gambar, dan metadata lainnya. Entri dapat direkam dalam satu pengambilan atau dipotong menjadi beberapa bagian.

Log video (vlogs) juga sering memanfaatkan web untuk memungkinkan pengunggahan video melalui Internet menggunakan format kredit RSS atau Atom, untuk agregasi dan pemutaran otomatis pada perangkat seluler dan komputer pribadi.

Jadi, intinya vlog itu semacam blog. Bedanya, kalau blog berbentuk tulisan (seperti artikel yang sedang kamu baca ini), sedangkan vlog adalah blog namun dalam format video. Buat, kamu yang beranggapan bahwa vlog adalah kegiatan seseorang yang berbicara di depan kamera. Itu asumsi yang kurang tepat.

Karena, video apapun yang kita unggah seperti; tutorial, perjalanan, informasi produk, review, unboxing, dan lain sebagainya. Itu semua termasuk vlog.

Sudah tahu kan apa itu Vlog? Sekarang aku akan kasih tips untuk vlogger pemula, tentang apa saja yang dibutuhkan untuk membuat vlog lewat HP. Karena kamu datang ke sini tentunya mencari informasi tentang membuat vlog kan? Ngaku deh! Oke, cukup.

Pertanyaan yang mungkin sering terngiang-ngiang di kepala kalian :


Kak, gimana sih cara bikin akun/channel vlog di Youtube?
Adik-adikku, kalian punya akun Gmail kan? Nah, kalian bisa membuat akun vlog di HP maupun di komputer. Caranya mudah kok, tinggal buka YouTube, daftar, kemudian masukkan nama channel kalian. Udah deh jadi.

Kak, HP untuk vlog yang bagus apa ya?
Normalnya, kamera HP sekarang sudah dibekali resolusi yang tinggi. Jadi, apapun kamera HP/Smartphone kalian. Semua bisa dijadikan alat untuk membuat vlog. Setidaknya hasil videonya nggak buruk-buruk amat lah.

Aplikasi vlog terbaik di android pakai apa, Kak?
Nah, untuk aplikasi terbaiknya. Aku merekomendasikan untuk memakai Kinemaster Pro atau Power Director Pro bagi pengguna android. Sedangkan untuk pengguna Iphone, kalian bisa membuat vlog dengan aplikasi Imovie ataupun Magisto.


TUTORIAL MEMBUAT VLOG MENGGUNAKAN HP/PONSEL


Sebelum membuat vlog, kalian harus menyiapkan peralatan tambahan sebagai pendukung dalam pengambilan gambar.

5 Peralatan Penting Untuk Membuat Vlog Melalui HP/Smartphone :

Pertama dan yang paling penting tentunya adalah;

1. Smartphone – Kenapa pilih smartphone, alasannya sederhana. Karena praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Kebanyakan anak jaman sekarang, kalau nggak bawa smartphone rasanya ada yang kurang gitu.
Jadi, pas momennya. Tinggal ambil HP nyalakan kamera, dan bilang, “What’s up guys, welcome back to my channel!” wkwkwk. 

Selain itu, saat ini kamera HP sudah dilengkapi LED flash dengan resolusi kamera video hingga Full HD. Jadi, nggak perlu repot-repot deh beli kamera mahal. Karena pakai kamera smartphone saja sudah cukup.

2. Tripod - Yaitu alat stand berkaki tiga untuk membantu agar badan kamera bisa berdiri dengan tegak dan dan tidak mudah goyah. Tripod biasanya dipakai jika fotografer menggunakan shutter speed di angka 30. Namun, alat ini juga bisa membantu saat pengambilan video bagi para vlogger.

3. Tongsis – Buat kamu yang bikin vlognya sendirian, nggak ada teman. Tongsis bisa di jadikan alat bantu pengambilan gambar saat sedang berjalan. Harganya juga nggak terlalu mahal. Alat ini bisa kamu dapatkan di toko aksesoris ponsel, atau kamu juga membelinya secara online.
vlog lewat hp
4. Gorilla Pod - Mengetahui namanya mungkin kedengaran agak aneh gitu ya? Tapi tenang saja, nggak seserem itu kok. Alat ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan tripod. Bedanya, kaki Gorilla Pod lebih fleksibel. Kamu bisa melipatnya, atau mengaitkan ke benda-benda lain seperti pohon, dll.


4. Lighting – Atau pencahayaan biasanya digunakan untuk membuat objek video menjadi lebih jelas. Khususnya pada malam hari. Jadi, kalau sedang minim cahaya, lighting sangat membantu. Biasanya, harga lighting di pasaran cukup mahal. Tapi, kamu bisa menyiasatinya dengan lampu neon ataupun LED yang dijual murah di toko listrik.

vlog lewat hp

5. Microphone – Suara juga penting dalam pembuatan vlog. Nggak mau kan, setelah kamu capek-capek bikin video. Eh, setelah diputar yang kedengaran cuma suara berisik di sekitar. Jadi, pastikan suara kamu cukup jelas saat sedang berbicara. 

Kamu bisa membeli mic clip on yang harganya cukup murah di toko-toko aksesoris ponsel. Atau di toko online biasa kamu memesan barang.

POIN-POIN YANG HARUS DIPERHATIKAN SAAT MEMBUAT VLOG!


5 POIN PENTING DALAM PEMBUATAN VLOG


Sepele, namun cukup penting. Bagi vlogger pemula, kualitas video mungkin bukan menjadi prioritas utama dalam pembuatan vlog. Alhasil, video yang mereka buat mungkin tidak enak dilihat. Oleh, karena itu sebelum kalian bertindak lebih jauh lagi. Perhatikan 5 poin penting ini:
  • Video Resolution - Pada dasarnya video vlog untuk YouTube memiliki resolusi 16:9 (Posisi Horizontal). Bagi vlogger pemula mungkin hal ini tidak terlalu diperhatikan. Kebanyakan dari mereka saat pengambilan gambar, kamera HP dalam posisi tegak 9:16 (Vertikal), akibatnya pada saat video diputar akan ada warna hitam di bilah kiri dan kanan video. Untuk itu, pada saat pengambilan gambar, pastikan kamera HP dalam keadaan landscape/roboh.
  • Stabilizer - Saat memegang kamera HP dalam posisi sedang berjalan, hal ini bisa menjadikan footage video tidak stabil. Akibatnya, video akan goyang atau shaky-shaky gitu. Oleh karenanya, saat memegang tongsis/tripod usahakan agar kamera HP tetap stabil.
  • Airplane Mode - Nggak mau kan, saat sedang asyik-asyiknya ngomong di depan kamera, tiba-tiba. Ponsel berdering. Ada seseorang yang kirim SMS atau menelpon. Makanya, sebelum membuat vlog di hp. Pastikan HP kalian dalam keadaan Airplane Mode atau mode pesawat.
  • Check Storage - Ini juga nggak kalah penting. Sebelum memulai vlogging lewat smartphone, ada baiknya kalian cek terlebih dahulu kapasitas penyimpanan yang masih tersisa. Jika dirasa kurang, hapus saja file atau aplikasi android yang tidak terlalu dibutuhkan.
  • Testing - Setelah semuanya selesai, jangan lupa untuk tes terlebih dahulu. Dari segi lighting, aku sarankan jangan pernah membelakangi cahaya. Karena, ini bisa berdampak buruk untuk kualitas videomu. Kemudian, dari segi suara. Pastikan saat kamu ngomong, semua yang kamu bicarakan benar-benar jelas dan mempunyai artikulasi. Oiya, cara alternatif buat kamu yang malas beli mic clip on. Kamu bisa menggunakan headset yang kamu punya sebagai pegantinya. Kreatif bukan?
Setelah semuanya siap, langkah berikutnya adalah membuat vlog. Dalam proses pembuatan video vlog, kalian juga harus memperhatikan etika/sopan santun saat berbicara di depan kamera. Sekalipun, suara yang kamu masukkan berupa dubbing. Tata krama harus tetap dijaga.

Kenapa? Kamu tahu kan yang nonton video bukan hanya dari kalangan yang sebaya denganmu? Melainkan semua orang bisa melihatnya, mulai dari; anak-anak, remaja, orang dewasa, dan bahkan manula sekalipun bisa memberi penilaian pada dirimu.

Fatalnya, jika yang menonton videomu adalah anak-anak. Maka, bisa jadi mereka akan menirukan apa yang kamu katakan pada saat kamu berbicara di depan kamera. Seperti kata-kata kotor misalnya. Oleh karena itu, sebaiknya persiapkan segala sesuatunya sebelum melakukan pengambilan gambar.

Sebelum memulainya, alangkah baiknya tentukan dahulu jenis video yang ingin kamu buat. Misalkan, video tutorial. Dalam video tersebut perlu seseorang yang menjadi narator. Dan orangnya itu adalah kamu.

vlog lewat hp

Maka kamu perlu menyiapkan hal-hal di bawah ini :

✔ Naskah video – Pastikan kamu sudah menulis naskah atau skenario tentang video yang ingin kamu buat. Hal ini akan memudahkan kamu saat menjelaskan sesuatu yang ada dalam videomu.

✔ Alur cerita – Jangan terlalu bertele-tele saat menyampaikan suatu informasi. Langsung to the point saja. Jangan membuat penonton bingung karena alur videomu yang nggak jelas.

✔ Lattar/setting – Tentukan tempat di mana kamu ingin melakukan pengambilan gambar. Usahakan di tempat yang cukup pencahayaan. Tipsnya, jangan pernah membelakangi cahaya. Karena itu dapat memperburuk kualitas videomu.

✔ Opening vlog – Ketika seseorang ingin ngevlog, tak lupa mereka akan melakukan pembukaan. Kamu bisa membuat opening vlog dengan intro yang menarik. Atau bisa juga melakukannya dengan cara menyapa penonton.

✔ Konten/isi video – Banyak sekali contoh vlog yang bisa kamu lihat dari vlogger yang sudah terkenal. Kamu bisa melakukan teknik ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).

Satu lagi, saat kamu berbicara di depan kamera. Janganlah melihat videomu yang tampil di layar smartphone. Tapi, lihatlah lensa kameranya.

Jangan nervous saat mulai berbicara, dan libatkan penonton dalam videomu. Intinya, saat kamu membahas suatu hal di videomu, sampaikanlah dengan singkat namun jelas.

 Closing vlog – Setelah informasi yang kamu sampaiikan sudah cukup. Jangan lupa untuk melakukan closing video, dengan outro misalnya. Atau kamu sendiri yang melakukannya. Oiya, kamu juga bisa mengajak penonton untuk like, comment, share, dan subscribe channel YouTube kamu saat melakukan closing.

Nah, setelah video vlog yang kamu buat sudah selesai. Langkah selanjutnya masuk ke bagian editting. Tentunya ngeditnya ya harus pakai hp/smartphone.

Lalu apikasi terbaik untuk vlog di HP apa Kak?

Seperti yang sudah aku rekomendasikan di awal. Aku biasanya memakai aplikasi Kinemaster Pro dan Power Director Pro. Karena semua YouTuber android kenal dan sering memakai aplikasi video editor tersebut.



Untuk tutorial editting menggunakan smartphone, Insha Allah akan aku jelaskan di artikel lain. Karena, kalau semuanya dibahas di sini. Bisa-bisa kamu jadi malas bacanya, karena tulisannya yang terlalu panjang.

Oke guys. Itulah, sekelumit tips dan trik membuat vlog di YouTube lewat hp untuk pemula. Semoga memberikan pencerahan buat kalian yang membacanya.

Silakan bagikan artikel ini jika kalian merasa ini akan bermanfaat buat yang lain.

Kalau kalian punya tips lain tentang vlogging. Boleh kok didiskusikan di kolom komentar. Atau yang ingin bertanya tentang tutorial agar vlog kita jadi lebih keren dan menarik.

Tulis saja semuanya di bawah ini. Sekian artikelnya, aku Kak Yull. Wassallamualaikum wr. wb.
Admin

Seorang pria yang ingin berbagi cerita melalui tulisannya. Berambisi menebar sejuta manfaat kepada sesama. Insha Allah!
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

2 komentar

Kak Yull mau bikin channel youtube juga tow.. Kasih tau channelnya nanti ya Kak,,
oh ya,, makasih nih artikelnya membantu banget buat aq yang baru mau coba terjun jadi youtuber, sekarang tahu apa saja yang perlu di persiapkan sebelum memulainya.. Lanjutkan kaka..

Balas

Hehehe, iya Bang..
Nama channel saya sama dengan nama blog kok, "Kak Yull" juga,,
Di bagian footer sini udah saya kasih link di icon youtube-nya. Silakan berkunjung. Trims bang.

Balas

Silakan berkomentar dengan kata-kata yang sopan!
Terima Kasih.